SEKILAS PERJALANAN

SEKILAS PERJALANAN

Kurangnya nutrisi, dan perihnya rasa lapar itu membuat manusia menjadi kurang produktif. Motivasi mencari sesuap nasi menjadi alasan untuk mencari nafkah. Rasa lapar ini pula yang membuat manusia terpaksa melakukan kegiatan negatif seperti mencuri, maling, jambret, rampok dan lainnya semata-mata karena dorongan dari perutnya. Dalam UUD 1945 Pasal 34 ayat 1 disebutkan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”, maka sebagai warga negara bisa berperan aktif untuk membantu fakir miskin dan anak-anak terlantar tersebut, walau saat ini dimulai dengan semangat untuk membagikan sebungkus nasi sebagai cerminan kami melihat realita yang ada di lapangan. Dan sebungkus nasi ini baru langkah awal kami melihat dan berbuat sesuatu dan berusaha mempersatukan kembali nusantara tercinta ini walau hanya dengan sebungkus nasi.

Berbagi Nasi adalah suatu gerakan sosial yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan membagikan nasi bungkus kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Kegiatan ini, pertama kali dilaksanakan di Kota Bandung yang  kemudian diikuti oleh lebih dari 84 kota di Indonesia. Awalnya kegiatan berbaginasi ini dimulai di Bandung dari 2 orang yang konsisten (seminggu 3x) membagikan nasi bungkus untuk saudara kita yang masih tidur beralas bumi dan beratapkan langit, kepada para pekerja keras yang masih bekerja di malam hari, dan sebagai latihan untuk kami mengasah naluri berbagi kami pribadi. Kegiatan ini terus menyebar melalui mulut ke mulut dan di ekspose di berbagai media baik media cetak maupun media televisi, dan akhirnya berkembang sampai penjuru nusantara, dari aceh sampai terjauh adalah Sulawesi Utara.

Sebungkus nasi itu hanyalah alat perantara kita (yang biasa disebut #PejuangNasi (istilah yang digunakan kepada teman-teman yang ikut berpartisipasi baik secara financial, berdonasi nasi bungkus, maupun teman-teman yang ikut serta dalam membantu membagikan nasi bungkus)) sebagai tempat untuk mencurahkan rasa syukur dan belajar mengasah kepekaan terhadap sesama. Setelah berjalannya waktu, ternyata banyak masalah-masalah social yang terlihat dari bidang kesehatan, pendidikan dan berusaha meningkatkan pendapatan orang-orang yang ada di dalam gerakan ini. Salah satunya adalah membuat wadah yang legal untuk gerakan ini dengan harapan kami bisa bergerak lebih baik lagi dalam menyebarkan kebaikan dan bisa bermanfaat bagi sesama.

Yayasan Berbagi Satu Nusantara ini dibentuk setelah tepat 2 Tahun Kegiatan di www.berbaginasi.com yang digawangi oleh Founder dan Donatur tetap dari Bandung (Pionir) dan dari admin www.berbaginasiJKT.com yang berasal dari Jakarta. Harapan dari adanya yayasan ini adalah supaya bisa menjadi wadah untuk mempersatukan Indonesia dalam perantara sebungkus nasi yang saat ini kegiatannya sudah ada di 84 Kota se Indonesia dan akan terus bertambah. Selain itu pula supaya bisa memfasilitasi kegiatan berbaginasi di seluruh Indonesia yang tujuannya adalah peningkatan kesejahteraan di bidang Kesehatan, Pendidikan/pelatihan dan pemberdayaan untuk meningkatan daya beli masyarakat sesuai dengan Peningkatan Human Development Index (Indek Pembangunan Manusia). Dengan adanya Yayasan ini harapannya adalah sebagai wadah silaturahmi untuk mengumpulkan, memberdayakan, menginspirasi dan membuat kegiatan berbaginasi bisa upgrade ke tingkat yang lebih tinggi.

5 thoughts on “SEKILAS PERJALANAN

    1. Untuk area bogor kita sudah ada, silahkan bisa kepoin twitter/instagram berbaginasi bogor di @berbaginasiBGR ya kak. Kami tunggu kehadirannya. 🙂 #salamnasibungkus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *